Monday, February 25, 2013

USAHA KOPERASI: Sekitar 100 Koperasi Di Yogyakarta Mati Suri

YOGYAKARTA —Sebanyak 101 koperasi yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Yogyakarta mati suri alias sudah tidak berkegiatan lagi.


Kepala Seksi Bimbingan Usaha Bidang Koperasi Disperindagkoptan Jogja, Imam Nur Wahid mengatakan, koperasi yang sudah tidak aktif sebagian besar merupakan koperasi karyawan yang induknya sudah tidak ada.


“Ada pula koperasi umurnya sudah sangat tua. Koperasi menjadi pasif akibat manajemen amburadul dan sumber daya manusia pengelola kurang,” terang Imam, Senin (25/2/2013).


Menurutnya, cukup sulit membantu 101 koperasi agar aktif kembali. Sebab, dalam setahun Dinas paling banyak hanya bisa mendampingi 10 koperasi saja.


Sejatinya, sambung Imam, pertumbuhan koperasi di Jogja hingga akhir 2012 cukup bagus. Dari sebanyak 551 koperasi (2011), muncul koperasi baru sebanyak 23 unit selama 2012.


Dengan demikian, total koperasi terdaftar sebanyak 574 unit. Hingga awal 2013, tinggal 565 koperasi terdaftar di Disperindagkoptanm dengan total anggota 84.877 orang dan total aset sebanyak Rp328,2 miliar.


Imam mengatakan, untuk membubarkan suatu koperasi sulit dilakukan. Pasalnya, hal itu menyangkut pendataan aset, tanggungan serta harus berdasarkan keputusan anggota. Pihaknya akan terus membina 101 koperasi tersebut.


“Setelah kami evaluasi, ada tiga koperasi dibubarkan pada 2012. Alasannya bangkrut dan satu koperasi merger dengan induknya. Salah satunya, Koperasi DAMRI yang dibubarkan karena manajemen pindah ke Purworejo,” katanya.


Sekretaris Komisi B DPRD Jogja Bagus Sumbarja berharap Pemkot maksimal dalam mendampingi 101 koperasi yang pasif tersebut. Pendampingan bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak lain.


“Apalagi kalau menyangkut banyak anggota koperasi,” pungkasnya. (JIBI/Harian Jogja/Abdul Hamied Razak/dba)






If you're #smart enough to make #money in your life, do the 2nd smartest thing: Join the #UCO today http://www.uconnective.com

To Signup you must have a #UCO coin, you can #BUY it with only $3 from ClickAlert or Send e-mail at clickalert@ymail.com or Call/SMS to +1 (202) 599-1808 and start earning $51 per day!

No comments:

Post a Comment